Cara Mengatasi Paper Jam printer di canon mp237

Software Plus Plus - Printer Canon MP237 memang printer serba guna selain bisa mencetak juga bisa copy (scan), tetapi disamping ke lebihannya tentu saja ada kekurangannya, kalo terjadi kerusakan agak banyak stepnya dibanding IP2770.. :) 

Kali ini ane ingin berbagi cara mengatasi error 1300 (paper jam), bayak hal yang menimbulkan printer menjadi paper jam, biasanya terjadi paper jam karena terganggunya sensor yang mendeteksi masuknya kertas melalui rear tray, sehingga muncul pesan paper jam, 

ini adalah tanda-tanda print paper jam yang berulang-ulang.
  1. Printer pada saat dinyalakan terdengar sangat berisik (tidak seperti biasa)
  2. Setelah printer dinyalakan, apabila ada kertas di dalam rear tray akan tertarik sendiri sehingga terjadi paper jam
  3. Susah melakukan print karena sering paper jam
  4. Pusing 7 keliling
Cara mengatasinya :
Buka (bongkar) printer, disini saya tidak menjelaskan bagaimana cara membongkarya, setelah printer selesai di bongkar, tentunya dengan cara yang baik dan hati-hati, sehingga printer anda tidak tambah rusak, coba perhatikan gambar di bawah ini :
sensor 1
sensor 1

sensor 2
sensor 2

sensor 3
sensor 3

Gambar yang ada tanda merahnya adalah sensor, setiap sensor mempunyai fungsi dan tugas masing-masing, alangkah baiknya bersihkan semua sensor menggunakan kain halus yang bersih, lalu bersihkan dengan meniup bagian sensor dengan peniup debu yang di pompa, agar debu-debu yang nempel pada sensor benar-benar bersih, lalu bersihkan juga media yang di deteksi oleh sensor, contohnya pada sensor 1, sensor mendeteksi putara plastik transparan yang memiliki garis-garis melingkar, biasanya benyak debu yang menempel di sekitar sensor.
Setelah dirasa bersih silahkan dicoba terlebih dahulu sebelum tutup printer di pasang, agar kita tidak repot melepasnya ketika percobaan perbaikan masih belum beres, apabila masih belum berhasil, silahkan ulangi bersihkan semua sensor.
Apabila tips diatas masih belum berhasil, tindakan terakhir adalah mengganti sensor, yang pertama harus diganti adalah sensor 3, semoga berhasil. Hal ini sering ane coba lakukan dan hasilnya alhamdulillah memuaskan. hehe :)

selamat mencoba

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Paper Jam printer di canon mp237

0 komentar:

Post a Comment